LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT TEKS EKSPLANASI

Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang cukup penting dalam tata bahasa Indonesia. Berdasarkan artinya yang diambil dari bahasa Inggris, eksplanasi berarti penjelasan atas sesuatu. Anda bisa dengan mudah mencari penjelasan atas seebab dari sesuatu melalui contoh teks eksplanasi.

Salah satu ciri yang membedakan teks eksplanasi dengna berbagai jenis teks lainnya adalah strukturnya yang terdiri dari pernyataan umum dari sebuah fenomena, urutan sebab akibat dari ffenomena yang sedang dijelaskan, dan juga interpretasi yang bertindak sebagai closing atau penutup dari teks eksplanasi tersebut.

Langkah-langkah dalam menyusun teks eksplanasi

Anda bisa berlatih membuat teks eksplanasi secara mandiri dnegan terlebih dahulu mencari contoh teks eksplanasi di buku pelajaran maupun di internet. Akan lebih baik apabila anda mencari contoh teks di website yang terpercaya seperti rumusrumus.com. pada website ini tersedia berbagai contoh teks dari sistem tata bahasa Indonesia.

Lalu setelah mendapatkan contoh teks, anda bisa mengidentifikasi bagian-bagian dari teks tersebut. lalu setelah menguasai bagian-bagian dari teks eksplanasi, baru anda siap untuk membuat teks eksplanasi sendiri. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat sebuah teks eksplanasi :

  1. Tentukan tema serta topik

Sebelum membuat sebuah teks, penting bagi anda untuk emnentukan tema teks yang akan anda buat. Kemudian setelah itu anda bisa menentukan judul dari teks yang akan anda buat.

  1. Tentukan tujuan dari penulisan

Walaupun sudah pasti akan menulis teks eksplanasi, penting untuk menentuakn tujuan dari penulisan teks.

  1. Kumpulkan data-data yang diperlukan

Sebuah teks eksplanasi merupakan jenis teks ilmiah yang berarti memerlukan data-data valid dari berbagai sumber sebagai dasar penulisan. Sebaiknya kumpulkan data dari berbagai sumber yang terperrcaya untuk mendukung penulisan anda.

  1. Susun kerangka teks

Dari data-data yang telah anda kumpulkan dan juga tujuan penulisan yang telah ditetapkan, anda bisa merangkai teks eksplanasi berdasarkan pengetahuan yang anda miliki mengenai struktur teks eksplanasi yang telah anda dapat sebelumnya.

  1. Kembangkan kerangka teks agar menjadi teks utuh

Setelah menyusun kerangka dan struktur teks, anda bisa mengembangkan teks tersebut sesuai dengan kemampuan anda.

Berbagai langkah di atas bisa anda jadikan bahan latihan apabila anda benar-benr ingin emnguasai teknik penulisan teks eksplanasi.